27 Contoh Cover Makalah Individu, Kelompok, Mahasiswa dan Smp SMK

Contoh Cover Makalah baik untuk individu kemudian kelompok sampai dengan mahasiswa dosen dan yang lainya akan kami bahas tuntas dalam ulasan ini. Dimana makalah adalah salah satu bentuk penugasan yang diberikan oleh guru dalam menyusun sebuah materi dengan lengkap dimana akan disertai juga dengan daftar pusata. Nah buat sahabat di rumah yang sedang mencari ide dalam membuat makalah maka akan kami hadirkan lengkap dibawah ini contoh covernya ya dimana akan dibahas juga hal hal penting lainya.

Pada umumnya dalam penulisan makalah ini akan dikenal adanya format penulisan yang baik dan benar dimana akan ditaruh pada bagian covernya nanti. Apa saja dan bagaimana formatnya simak ulasanya berikut ini.


Format Bagian Cover Makalah

Dalam menyusun bagian-bagian urutan, dalam penyusunan cover makalah hampir sama semua dalam tata letaknya baik itu makalah skripsi, penelitian, kuliah dan makalah yang lain-lain. Nah, yang harus harus diperhatikan dalam penyusunan cover makalah ada enam yang pertama adalah.

1. Judul Makalah / Proposal

Dalam pembuatan cover makalah pertama diperhatikan adalah judul, pada judul diletakan pada tengah cover. Serta perhatikan terhadap judul yang hendak anda tulis, karena judul akan memberikan informasi, secara singkat mengenai isi makalah yang anda buat. Jadi, buatlah judul yang baik, menarik, dan jelas untuk langsung dipahami. Serta dalam penggunaan huruf pada judul, gunakan font standart bisa arial, times new roman atau calibri, jangan lupa untuk menggunakan huruf kapital, beserta diberi cetak tebal atau Bold, serta peletakan judul anda taruh pada bagian tengan atas cover makalah.

2. Tujuan Makalah / Proposal

Tujuan makalah bisa anda letakan pada bagian setelah judul atau pada bagian sub judul, dengan anda menggunakan huruf yang lebih kecil dari pada huruf judul. Semisal anda tadi pada judul menggunakan huruf ukuran font 14. Maka pada penulisan tujuan makalah, bisa anda gunakan ukuran huruf 12 dengan huruf kapital, pada setiap angkaya. Contoh dalam penulisan tujuan makalah sebagai berikut ” Makalah ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Sekolah SMK Al-Qolam Magetan” seperti ini pembuatan tujuan makalah tersebut.

3. Logo atau Gambar Makalah

Pemberian gambar atau logo pada sebuah makalah diletakan pada posisi tengah cover sampul, dengan ukuran panjang dan lebar kalau bisa sama, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar dalam pemberian logo pada sampul makalah. Pada contoh cover makalah, bagian yang paling mencolok terlihat adalah pada bagian logo atau gambar,  sehingga dalam pemilihan ukuran dan warna yang digunakan pada logo harus disesuaikan dengan makalah. Pada umumnya penggunaan logo makalah, sudah menggunakan logo sekolah masing-masing.

4. Data Penulisan Penyusun Makalah

Informasi dalam penulisan dan penyusunan sebuah makalah, harus sesuai dengan proses pembuatan makalah itu sendiri, jika dalam pembuatannya dalam lingkup kelompok, maka tulis siapa saja anggota-anggota yang bersangkutan dalam menyusun makalah tersebut. Selain dalam menyusun penulis, dalam sebuah makalah sebagai syarat dalam pembuatan sebuah makalah, maka dalam penulisan juga penyusun. Juga berfungsi sebagai menjaga makalah tersebut, supaya tidak diklaim pembuatan oleh orang lain.

5. Nama Fakultas dan Jurusan

Anda bisa menulis tentang keterangan, mulai dari nama fakultas dan jurusan yang sedang dijalani pada saat ini, anda bisa menulisnuya pada bagian bawah cover makalah. Gunakan huruf kapital sama halnya ketika menulis judul makalah. Jika penulis sedang kuliah di sebuah Universitas atau perguruan tinggi, maka pada bagian ini, bisa anda tuliskan berdasarkan dengan jurusan yang dimiliki. Seandainya penulis masih bersekolah dibangku SMP atau SMA juga sama untuk mencantumkan nama sekolah.

6. Tahun Pembuatan

Pada pembuatan contoh cover makalah yang terakhir adalah harus ditulis data kapan pembuatan cover makalah tersebut telah diselesaikan. Kenapa harus diberi data tahun pembuatan? Untuk memudahkan pembaca tahu kapan makalah tersebut dibuat.

Contoh Cover Makalah

Ok sekarang kita mulai yang sahabat semua bahas mengenai beberapa sample contoh makalah yang bisa kalian perhatikan mulai dari kelas mahasiswa, kemudian sampai adik adik SMA, SMP lengkap deh pokonya dimana kalian harus memang membuat cover dengan desain yang bagus agar nilai kalian naik nanti.

Contoh Cover Makalah Mahasiswa

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah SMA

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah SMP

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah Kelompok

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah Individu

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Contoh Cover Makalah
Contoh Cover Makalah Individu SMA buat kamu yang mau membuat makalah di sekolah menengah pertama baik untuk tugas apa saja mulai dari bahasa inggris, kemudian bahasa indonesia misalkan membuat wacana maka beberapa contoh cover makalah untuk anak SMA dibawah ini cocok kamu jadikan tambahan ide dalam membuat sebuah makalah yang baik dan benar.

Adapun sebelum sahabat membuat makalah maka setidaknya ada beberapa hal penting yang harus sahabat perhatikan diantaranya sehingga nanti makalah kalian dari segi sampul sudah benar dan enak di baca sehingga nilai kalian juga bagus. Dengan mengetahui format cover yang sering digunakan pastinya akan lebih mempermudah kita dalam melakukan pembuatan cover ini. Selanjutnya silahkan lihat contoh cover makalah berikut:
  • Menggunakan jenis huruf Times New Roman/ Arial dengan ukuran 12 atau sesuai permintaan dosen / guru
  • Margin atau jarak pada tepi kiri 3,5cm, kanan 2,5 cm, atas 4 cm dan bawah 2,5cm
  • Orientation page layout Potrait dengan space/ spasi 1,5 lines
  • Print menggunakan kertas HVS kuwarto A4

Contoh Cover Makalah Individu SMA




Ok itulah standar contoh cover makalah yang ada di negara kita. Saat ini memang banyak sekali jenis cover makalah dengan standar dari luar negeri namun buat apa kita membahas itu karena memang tidak digunakan di Indonesia ya yang inti inti saja kali ya jika membahas terlalu banyak malah tidak berguna dan terkesan artikel sampah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel